Laman

Minggu, 14 November 2010

Ketakutan yang Tidak Masuk Akal

Semua orang memiliki ketakutan atau situasi yang ingin dihindari, karena takut adalah bagian dari kehidupan. Namun ada beberapa orang yang memiliki ketakutan yang tidak masuk akal yang akhirnya membuat fobia.

Fobia bukan saja ketakutan yang berlebihan, namun kadang ketakutan yang tidak rasional. Ketakutan akan objek atau situasi yang tidak menyenangkan tersebut menyebabkan serangan panik dan timbul kecemasan yang akut. Fobia ini biasanya dimulai sejak kanak-kanak atau saat remaja.

Fobia yang banyak dialami orang adalah ketinggian, ruang gelap, laba-laba atau lainnya. Tapi ada orang yang mengidap fobia yang tak masuk akal seperti takut uang.

Dilansir dari FoxNews, ada 6 fobia yang sangat aneh dan tidak masuk akal:

1. Takut Drakula (Sanguivoriphobia)
Ini adalah fobia atau takut pada si pemakan darah alias drakula. Meski ceritanya fiksi, pengidap fobia ini akan sesak napas, ketakutan dan menjadi panik saat tiba-tiba memikirkan atau terlintas cerita drakula.

2. Takut Jumat Tanggal 13 (Friggartriskaidekaphobia)
Mitos Jumat tanggal 13 sudah begitu banyak membuat orang takut. Hari itu dianggap sebagai hari sial. Penderita fobia ini akan begitu tertekan dan ketakutan akan mengalami musibah setiap Jumat tanggal 13.

3. Takut Uang (Chrometophobia)
Ketakutan ini dianggap paling aneh karena bisa mengganggu kehidupan orang. Penderita fobia ini melihat uang adalah sumber masalah yang akan menyengsarakan.

4. Takut dengan Orang Muda (Ephebiphobia)
Melihat orang muda bagi penderita fobia ini adalah musibah karena anak muda dianggap tidak bisa dipercaya, suka membunuh, mengancam jiwa dan kedudukan mereka. Orang-orang seperti ini akan menghindari keramaian seperti mall atau bioskop.

5. Takut Tidur (Somniphobia)
Meski lelah penderita fobia ini memilih tidak tidur hingga akhirnya tertidur sendiri tanpa sadar. Tidur menurut penderitanya akan membuat mereka mati alias tidak bangun lagi.

6. Takut Melihat Penis Berdiri (Medorthophobia)
Kebanyakan penderitanya adalah perempuan, sesuatu yang harusnya menyenangkan malah membuat mereka sesak napas sehingga sering gagal melakukan hubungan intim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar